TKI ILEGAL KOK DILINDUNGI ??

Oleh : Hana Lidiana*

Masih ingat dengan berita tentang para TKI / TKW di Arab Saudi yang terlantar sehingga membentuk “komunitas” sendiri di bawah jembatan tol ?

Kalau masih ingat.. pasti kamu ngikutin berita kelanjutan yang ini dong .. kalau nggak salah itu.. kabarnya pemerintah RI akan memulangkan mereka dengan dana khusus untuk para TKI tersebut. Bener nggak sih tuh gosip ? *nggosip mode : on*

Iyes ! lo bener ! pemerintah RI berencana akan memulangkan para TKI yang terlantar tersebut menggunakan dana / anggaran khusus untuk para TKI sebesar xxx Milyar !! eh.. apa xxx Triliyun ya? Ah, whatever lah ! yang penting dua gelar duit itu sama – sama gede !

Kalau ada yang bertanya, “siapa yang tidak setuju dengan rencana ini?” … sayalah yng akan menjadi orang pertama yang pamer ketiak (baca: angkat tangan) ! mau tau kenapa ? heelllloooooo ?? lo semua gak liat lebih lanjut beritanya ? omaigot … capek dweeh .

Coba kalian telusuri lebih dalam *kalau perlu sampai dibawah alam sadar anda* background ke-TKW-an mereka ! mereka itu ILEGAL ! nggak resmi ! nggak sesuai dengan prosedur !

Mereka itu berangkat ke Arab Saudi dengan cara instan. Mereka berangkat dengan paspor turis, padahal kan kalo yang ilegal pake paspor kerja. Mereka kok pake paspor turis ya ? mau kemana buk ? melancong ? titip oleh – oleh boleh ? nggak banyak kok .. kurma satu kontainer aja … *ngaco!*

Terus.. kalau mereka itu TKI asli, mereka pasti dilatih dulu di suatu penampungan istilah gaholnya itu training. Mereka dilatih untuk menjadi tenaga kerja yang ber-otoritas dan ber-dedikasi tinggi ! mereka diajarkan bagaimana gaya hidup mereka, bagaiman bahasa mereka, bagaimana kriteria orang sana, dan masih banyak bagaimana-bagaimana yang lain. Sehingga waktu yang diperlukan untuk menjadi TKI jauh lebih lama. Tapi kan hasilnya maximal ! no more violence ! itu berbanding terbalik dengan yang ilegal. Mereka bayar sabtu, berangkat senin, pulang ? 3 kali puasa 3 kali lebaran nggak pulang pulang, gaji ? Rp 0,-

Terus.. jka kita lihat berita ditivi – tivi tentang kekerasan yang dialami oleh para TKW, pasti dia itu TKW ilegal ! yah.. ngga semua. Tapi sebagian besar kan? coba aja tengok dialog antar mbak x dengan reporter :

Reporter : Mbak x, coba anda ceritakan tentang majikan anda.

TKW : Majikan saya itu orangnya rada gila. Dia nyerocos panjang lebar pake bahasa arab loh mbak .. ya saya kan nggak tau mbak … eh , tau – tau ulekan ditimpuk ke wajah saya .. yang saya pikirin, kenapa dia nggak pake bahasa inggris aja.

Reporter : Anda bisa bahasa inggris ?

TKW :Bisa dong mbak .. pokoknya kalo yes itu artinya iya.. kalo no itu artinya tidak .

Terus ya mbak.. dia itu suka marah-marah. Pokoknya apa yang dia suruh ke saya pasti nggak pas sama dia. Dia nyuruh saya nyapu.. eh, malah ditimpuk pake setrika. Saya setrika.. eh, malah ditimpuk sama sapu. Pokonya apa yg saya lakukan selalu salah dimata majikan saya mbak *nangis daun bawang*

Sodara – sodara ! bisa anda lihat kan ? bagaimana kinerja para TKI ilegal ? ya jelas mereka disiksa sama majikan. Wong mereka aja nggak ngerti sama bahasa mereka kok .

Jadi kita sebagai rakyat yang dirumah yang tidak tahu mentempe ini jangan hanya melihat dari sebelah mata saja. Kita harus melihat dari 2 sisi. Yaitu sisi TKW dan majikan.

Jika akar permasalahan datang dari “kebodohan si TKW” maka kita tidak bisa menyalahkan majikan. Jelas kan? Siapa sih yang nggak kesel kalo orang yg kita suruh ternyata nggak melakukan sesuatu yang nggak kita suruh?

Itu yang pertama.

Yang kedua, pemerintah seharusnya “tidak perlu mem-fasilitasi para TKI ilegal tersebut”. Biarkan aja mereka cangkrukan dibawah jembatan tol. Nggak perlu diambil ataupun dibawa pulang ! enak aja..  mereka menjadi TKI ilegal aj udah termasuk nggak menghargai pemerintah yang sudah memfasilitasi mereka dengan cara yang aman kok. Lalu untuk apa kita berjuang mati-matian untuk memulangkan mereka ? biarin aja ! salah mereka sendiri kok..

Yang ketiga, pemerintah seharusnya “bersikap tegas kepada para TKI ilegal maupun para pengkritik”. Mereka seharusnya bisa membuktikan bahwa mereka ini begini, mereka ini begitu. Pokonya intinya mereka ini ilegal *capek boo’ ngetik*

Yang ke-empat, lain kali aja deh… lagi buntu nih. Kapan – kapan aje yee aye sambung. Itu pun kalo mood😀

Jadi jelas kan ? kenapa seharusnya para TKI ilegal ini tidak perlu dilindungi? Ya karena itu tadi, mereka memilih menjadi ilegal, padahal mereka tau, bahwa ada cara yang lebih aman. Berarti yang salah siapa? Ya mereka lah … masak pemerintah ?

saya sebagai pelajar juga rakyat yang masih lugu dan polos namun rajin menabung ini hanya memberikan masukan kepada para calon TKI / TKW diluar sana.

Jalan menuju kesuksesan, tidaklah mudah. Harus ada perjuangan. Maka dari itu, lebih baik kalian mengikuti prosedur dari apa yang sudah pemerintah fasilitaskan. Memang lama, tapi hasilnya ? kalian bisa membiayai keluarga kalian tanpa ada luka sedikit pun *kalo bisul?* jadi kalian senang, orangtua tenang😀

Sudahlah, cukup sekian dulu dakwah saya. Apabila ada salah kata, yaa mohon dimaklumi lah. Saya kan bukan pengangguran yang bisa nongkrong di tipi terus buat nonton mbak Zelda Savitri terus😀 dan saya juga bukan seorang sastrawan ataupun pujangga yang bisa merangkai kata dengan indah nan elok.

-wassalam-

*Pelajar Sekolah Menengah Atas di Surabaya

2 Responses to TKI ILEGAL KOK DILINDUNGI ??

  1. Bang Toyib says:

    Asalamualaikum wr wb….apa yg anda kemukakan di atas ada sedikit benarnya, namun bnyak salahnya……Kami yg Ilegal di sini, bukan niat dan kemauan kamu bung…!! kami jd ilegal krn terpaksa….bnyak rekan2 kami di sini khususnya TKW yg dr Legal menjadi Ilegal ( kabur dari majikan ) karena apa..mereka di siksa…bahkan bnyak yg di coba di perkosa…..dan khusus TKI ( Laki laki ) bnyak yg jadi korban fitnah, di telantarkan majikan dll… jadi kesimpulannya, kami jg nggak mau jd TKI ilegal….dan kenapa kami di sini nggak ngadu ke pihak berwajib d sini..?? atau perwakilan Indo di arab..krn apa..?? kami di sini itu tdk punya Hak…yg kami punya hanya kewajiban…dan perwakilan indo di arab itu, mandul….jgn kan membela hak2 TKI, tp seperti yg saya alami sendiri…mereka malah menyarankan utk kabur ( menjadi Ilegal ). Kiranya demikaian tanggapan dari saya mewakili Puluhan ribu TKI ilegal di arab saudi…mohon maaf apabila ada kata yg kurang berkenan, Wasallam….

  2. hanna lidiana says:

    assalamualaikum wr wb ..
    yang saya kemukakan diatas adalah contoh cerita TKI ilegal yang benar-benar ilegal. dia disiksa oleh majikannya sendiri karena ulah dia yang tidak mengikuti prosedur yang layak, selayaknya TKI legal sehingga harus mendapatkan siksaan yang tidak manusiawi.
    demikian apa yang bisa saya sampaikan, apabila ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.
    wassalamualaikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: